Rabu, 23 November 2011

Relevansi Didache Bagi Katekese Zaman Sekarang

Didache masih relevan dalam hidup kita di zaman sekarang ini. Isi dari didache sangat menarik untuk dicermati.  Ada empat pokok pembicaraan dalam didache yakni; pertama, pengajaran moral tentang cara hidup jemaat, yang dibangun berdasarkan dua jalan yakni jalan kehidupan dan kematian. Bagi kita orang Kristen, jalan kehidupan dan kematian adalah bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita di zaman sekarang ini. Jalan kehidupan dan kematian diletakkan dalam konteks kehidupan Yesus sendiri dimana orang Kristen percaya akan Yesus yang sengsara, wafat dan dibangkitkan dari orang mati. Bagi kita sendiri mengimani Kristus yang sengsara, wafat dan bangkit merupakan pokok dari iman hidup kita.
            Kedua, pengajaran peribadatan /liturgi: mencakup liturgi baptisan, puasa, doa dan peryaaan Ekaristi. Dalam konteks zaman sekarang pengajaran ini masih relevan. Hidup jemaat Kristen zaman sekarang masih diwarnai dengan cara beribadat dan berdoa. Penting bahwa setiap orang Kristen untuk menghayati pembaptisan yang telah diterimanya serta menjadi bagian dari Gereja, misalnya mengikuti kegiatan Gereja dengan aktif demi perkembangan gereja. Puasa merupakan bentuk solidaritas terhadap sesama, hal ini terus diimani dan diyakini sehingga setiap kali orang Kristen berpuasa berarti menyadari akan solidaritasnya dengan kaum lemah dan tak berdaya. Sebagai puncak iman Kristiani adalah Perayaan Ekaristi dan dalam kontek zaman sekarang Ekaristi semakin membentuk iman orang Kristiani dalam hal mengikuti Yesus Sang Gembala Agung. Dalam Ekaristi juga Kristus dikenang kembali sebagai puncak dan pokok hidup orang Kristen.
            Ketiga, Hidup komunitas; berisikan tentang nasihat untuk hidup berkomunitas dan petunjuk untuk para pemimpin serta pelayan. Hidup komunitas yang dicita-citakan adalah suatu bentuk hidup demi kesejahteraan bersama, dimana ada keadailan dan cinta kasih. Oleh karena itu hidup orang Kristen zaman sekarang juga hendaknya menjadi contoh yang baik bagi hidup orang-orang disekitarnya dengan membangun komunitas yang saling, memperhatikan, manghargai dan menghormati satu dengan yang lainnya. Hidup komunitas yang dicita-citakan dapat terwujud jika adanya kerjasama yang baik antara para pemimpin dalam arti mereka yang lebih tinggi pangkat atau kedudukannya menghargai dan menghormati rakyatnya atau mereka yang lebih rendah kedudukannya.
            Keempat, nasihat intuk berjaga-jaga demi hidup. Kedatangan Kerajaan Allah tidak diketahui kapan saatnya. Bagi kita yang hidup pada zaman sekarang ini  nasihat ini sungguh relevan mengingat bahwa Kerajaan Allah sudah ada ditengah-tengah kita. Bentuk nyata dari Kerajaan Allah adalah situasi diman Allah meraja. Kita dapat  menyaksikan atau merasakan adanya kedamaian hidup, ketenteraman, keadilan, cinta kasih yang terus diperjuangkan dalam menghormati manusia sebagai ciptaan Allah. Oleh karena itu nasihat untuk berjaga-jaga merupakan suatu bentuk motivasi atau dorongan bagi setiap orang beriman untuk lebih memaknai hidup, memberi warna yang baru dalam hidup, dengan berpikir dan bertindak sebagai umat Kristiani yang memperjuangkan terwujudnya nilai-nilai Kerajaan Allah dalam hidup.
              Keempat pokok hidup jemaat Kristen seperti yang dijelaskan diatas merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dilepaspisahkan dari kehidupan orang Kristen zaman sekarang dalam menghayati pokok-pokok iman Kristen. Dalam konteks zaman sekarang perlu disadari pula bahwa didache yang dulu bersifat pengajaran telah berkembang dan mendapat perkembangannya seiring dengan perkembangan iman orang Kristen zaman sekarang. Namun yang pokok dalam didache seperti pengakuan iman, kebersamaan dan keramahtamaan di dalam hidup berjemaat tetap dijarakan.  Dalam konteks katekese, pengajaran dalam didache tidak bersifat teoritis tetapi praktis, sesuai dengan kebutuhan umat yang dihadapinya. Umat merasa tersapa dengan pengajaran karena ajaran didache sederhana, menggunakan bahasa sederhana dan jelas, sehingga dapat dipahami oleh umat yang sederhana. Oleh karena itu didache masih relevan dengan pokok-pokok iman yang dihidupi oleh jemaat dahulu sampai sekarang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar